Berita

Berita Thumbnail
Selasa, 23 April 2024

Kunjungan Lapangan Mata Kuliah Pengembangan Rumah Mikro di pabrik WIKA Gedung Modular

Pada hari Jumat (19 April 2024), rombongan peserta mata kuliah PAP6428 Pengembangan Rumah Mikro telah melaksanakan kuliah lapangan di pabrik WIKA Gedung Modular. Rombongan terdiri dari 21 peserta mata kuliah yang didampingi oleh dua orang dosen pengampu mata kuliah (Gierlang Bhakti Putra dan Ratih Budiarti). Di lokasi kunjungan, pihak narasumber, yang terdiri dari staf WIKA Gedung Modular serta RawHaus, menemani peserta mata kuliah untuk mempelajari berbagai tipe konstruksi modular serta teknik aplikasinya pada rumah mikro.

Pada kunjungan lapangan tersebut, Cassandra Sari Damayanti, co-founder RawHaus, mempresentasikan tentang perbedaan linear economy dan circular economy di dunia konstruksi. Circular economy, menurut Cassandra, mengajak kita untuk mengubah paradigma tentang eksploitasi material. Circular economy mendorong kita untuk refuse, rethink, dan reduce penggunaan material agar dapat mendukung pembangunan yang berdampak positif pada lingkungan. Dengan cara pandang circular economy, kita juga dituntut untuk menggunakan kembali material agar dapat mengurangi limbah konstruksi.

Anky Dessalina, manajer riset dan pengembangan WIKA Gedung, menyampaikan paparan terkait teknologi konstruksi modular. Teknologi konstruksi modular menjadi salah satu upaya mewujudkan lean construction, yaitu konstruksi yang meminimalisasi pemborosan waktu, tenaga, dan material. Prinsip material konstruksi modular yang diadopsi Wika Gedung ada tiga: material tidak mudah retak, ringan, dan fleksibel agar kokoh namun tetap mudah diangkut serta dibongkar pasang. WIKA Gedung juga menitikberatkan pada sistem joint atau sambungan yang digunakan. Konstruksi modular sebaiknya mengurangi joint agar mengurangi titik-titik konstruksi yang rapuh.

Kunjungan lapangan ini bertujuan untuk menjembatani universitas dan industri dalam memperbaharui wawasan serta product knowledge terkait tren dan perkembangan industri. Ke depannya, FTSP Universitas Trisakti berharap dapat berkontribusi pada pengembangan pengetahuan konstruksi di Indonesia, terutama yang berwawasan hijau

Narasumber kunjungan lapangan:
WIKA Gedung Modular

  1. Anky Dessalina Setianike – Manajer Riset dan Pengembangan
  2. Rachmat Ridho – SHE
  3. ⁠Irvan Apriliawan – Teknik dan Mutu
  4. ⁠Ditha Pratiwi – Pemasaran

RawHaus

  1. Cassandra Sari Damayanti – CoFounder

Floatin Button
Floatin Button