Visi, Misi, Tujuan dan Sasaran

Visi, Misi, Tujuan dan Sasaran

Visi

Menjadi Program Studi Sarjana (S1) Arsitektur  yang andal, berstandar internasional dengan tetap memperhatikan nilai-nilai lokal dalam mengembangkan ilmu pengetahuan, teknologi, seni dan budaya di bidang perencanaan dan perancangan Arsitektur  untuk meningkatkan kualitas hidup dan peradaban.

Misi

  • Menyelenggarakan kegiatan pendidikan dan pengajaran untuk menghasilkan lulusan sarjana arsitektur (S1) yang memiliki kemampuan intelektual dan profesional berstandar internasional, mandiri, dan berjiwa wirausaha dalam bidang perencanaan dan perancangan Arsitektur,  berkarakter Trikrama Universitas Trisakti .
  • Meningkatkan dan mengembangkan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, dan budaya yang berstandar internasional, berpedoman pada kearifan lokal, dalam bidang perencanaan dan perancangan Arsitektur. 
  • Meningkatkan peran serta Program Studi Sarjana (S1) Arsitektur dalam menanggapi kebutuhan masyarakat dan industri dalam bidang  arsitektur melalui kegiatan pengabdian kepada masyarakat.
  • Meningkatkan komitmen dan konsistensi dalam menegakkan good governance di lingkup Program Studi Sarjana (S1) Arsitektur.

Tujuan

  • Mewujudkan Visi dan Misi Program Studi Sarjana (S1) Arsitektur melalui peningkatan pemahaman oleh pemangku kepentingan dan menjadikannya sebagai arahan penerapan penyelenggaraan Tridharma Perguruan Tinggi.
  • Memantapkan pelaksanaan good governance dalam lingkup Program Studi Sarjana (S1) Arsitektur guna mempertahankan keberlanjutan institusi dan keilmuan dalam bidang perencanaan dan perancangan Arsitektur.
  • Menghasilkan lulusan Sarjana Arsitektur (S1) yang berbudi  luhur, berpengetahuan luas, cerdas, mandiri, inovatif, berjiwa wirausaha, mampu berkomunikasi dan bekerja sama serta menghormati kemajemukan bangsa yang memiliki semangat Kampus Pejuang Reformasi.
  • Meningkatkan kualifikasi dan kompetensi sumber daya manusia yang berstandar internasional guna meningkatkan daya saing bangsa dalam bidang perencanaan dan perancangan arsitektur.
  • Mewujudkan budaya akademik yang memacu pengembangan diri melalui proses pembelajaran yang produktif, efektif dan efIsien dalam bidang perencanaan dan perancangan arsitektur serta ikut membangun masyarakat adab (civil society).
  • Memantapkan budaya penelitian, publikasi ilmiah  berstandar nasional maupun internasional, dan menyumbangkan karya nyata dalam bidang perencanaan dan perancangan arsitektur yang bermanfaat kepada masyarakat, bangsa dan negara untuk meningkatkan kualitas hidup dan peradaban.
  • Memantapkan kemitraan antara Program Studi Sarjana (S1) Arsitektur dengan lembaga pendidikan tinggi lain, asosiasi profesi, dunia industri, pemerintah, dan masyarakat, dalam dan luar negeri yang terkait dengan bidang arsitektur.

Sasaran

  • Visi, Misi, dan Tujuan Program Studi Sarjana (S1) Arsitektur dipahami oleh pemangku kepentingan dan dijadikan arahan penerapan  dalam penyelenggaraan Tridharma Perguruan Tinggi di lingkup Program Studi Sarjana (S1) Arsitektur.
  • Dipertahankannya Akreditasi A standar Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN PT) dan tercapainya status akreditasi internasional  dengan dukungan tata pamong  yang partisipatif, andal, kredibel, transparan, akuntabel, bertanggung jawab, adil,  serta diterapkannya manajemen mutu secara berkesinambungan dan konsisten untuk mendukung pencapaian Visi, Misi, dan Tujuan.
  • Dihasilkannya lulusan Sarjana Arsitektur (S1) yang berkarakter Trikrama Universitas Trisakti dan berdaya saing tinggi, baik di dalam maupun luar negeri dengan capaian 30% lulusan  melanjutkan studi sesuai bidang ilmu Arsitektur, 70% lulusan  bekerja sesuai dengan bidang ilmu Arsitektur dan diversifikasinya dengan masa tunggu rata-rata 6 (enam) bulan, dan 10% diantaranya menciptakan lapangan pekerjaan.
  • Tercapainya kinerja lulusan Sarjana Arsitektur (S1) yang berkualitas dan berprestasi, dibuktikan dengan rekomendasi dari 10  perusahaan besar baik perusahaan di dalam negeri maupun di luar negeri yang bergerak dalam bidang Arsitektur dan diversifikasinya.
  • Tercapainya kualifikasi sumber daya manusia,  90% dosen berpendidikan S3 dengan bidang keahlian sesuai kompetensi program studinya; 80% dosen memiliki jabatan akademik  Guru Besar (GB)  dan/atau Lektor Kepala (LK); Tenaga Kependidikan yang bersertifikat sesuai dengan bidang tugasnya; rasio dosen mahasiswa 1:10; 5 % dosen mendapat penghargaan bertaraf internasional; dan 5% dosen memiliki pengalaman profesional sesuai bidang yang bertaraf internasional.
  • Tercapainya proses pembelajaran yang produktif, efektif, dan efesien yang berbasis pada Student Centered Learning dan terlaksananya program pertukaran dan kerjasama mahasiswa antar universitas di dalam dan luar negeri.
  • Tersedianya sarana pendukung pendidikan berupa tempat ibadah,  ruang PPPK, kantin, ruang diskusi mahasiswa, ruang himpunan mahasiswa, ruang koperasi mahasiswa, ruang alumni, dan ruang pertemuan.
  • Terciptanya suasana akademik yang kondusif melalui kurikulum yang memenuhi Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI), mendukung keragaman budaya antar bangsa, berbasis kearifan lokal, memenuhi tuntutan kebutuhan pasar dan sesuai dengan ilmu pengetahuan bidang Arsitektur untuk membangun masyarakat adab.
  • Tersedianya sarana sistem informasi dan e-learning yang selalu terbaharui baik substansi maupun sarana pendukungnya.
  • Tersedianya sarana prasarana kegiatan Tridharma yang meliputi ruang kerja pimpinan dan dosen, ruang kerja majelis Jurusan, ruang pelayanan administrasi akademik, ruang arsip akademik, ruang kelas/diskusi/ seminar/pameran/audio visual, laboratorium, perpusta-kaan, bengkel, studio, studio tugas akhir  yang berstandar  internasional yang dapat diakses untuk kepentingan umum.
  • Terlaksananya kerjasama di bidang Tridharma dengan Program Studi Sarjana (S1) Arsitektur dari 5 (lima) perguruan tinggi  yang termasuk 500 (lima ratus) perguruan tinggi terbaik dunia, dan kerjasama penelitian sekurang kurangnya dengan 2 (dua) industri berbeda yang hasilnya dipublikasikan dalam jurnal internasional.
  • Memberikan hasil kerja nyata dan pelatihan bagi pengembangan sumber daya regional termasuk di daerah binaan Universitas Trisakti dalam bidang Arsitektur dan diversifikasinya.
  • Dihasilkannya publikasi ilmiah nasional dan internasional sejumlah 7 (tujuh) karya per dosen, dan 1 (satu) Hak Atas Kekayaan Intelektual per dosen setiap 5 (lima) tahun.