Berita

Berita Thumbnail
Senin, 18 Mei 2020
Oleh: Admin

Kuliah Tamu : Fasilitas Kesehatan – Desain dan Aplikasi

Program Studi Sarjana Arsitektur, FTSP, Universitas Trisakti pada hari Jumat, 8 Mei 2020 menyelenggarakan kuliah tamu secara daring/online

Program Studi Sarjana Arsitektur, FTSP, Universitas Trisakti pada hari Jumat, 8 Mei 2020 menyelenggarakan kuliah tamu secara daring/on line untuk mata kuliah Perancangan Arsitektur 6 dan Tugas Akhir dengan tema : Fasilitas Kesehatan – Desain dan Aplikasi. Nara sumber adalah Aswin Griksa (PT. Griksa Cipta), Ferry Setiawan (PT. Ferrata) dan Relan Masato (PT. Kreamata Cipta Rupa) dengan moderator Ardilla Jefri Karista, ST, MSc (Dosen Jurusan Arsitektur, Universitas Trisakti).

Merancang fasilitas kesehatan memiliki tantangan dan kerumitan tersendiri terkait perkembangan kebutuhan masyarakat terhadap pelayanan kesehatan. Dalam melakukan kegiatan merancang fasilitas kesehatan harus memenuhi standar persyaratan FACE (Fast, Accurate, Convenient, Efficient). Berdasarkan perkembangan kebutuhan tersebut, fasilitas kesehatan kini bertransformasi sebagai bangunan dengan fungsi jamak namun tidak merubah fungsi utama sebagai pelayanan kesehatan. Sebagai contoh, dalam satu tapak terdapat beberapa fungsi/mix use seperti rumah sakit, sekolah, perkantoran dan perbelanjaan. Fungsi-fungsi pendukung  tersebut dimaksudkan untuk memberikan nuansa/ suasana yang berbeda bagi masyarakat tanpa mengalami pergeseran fungsi utamanya.

Beberapa inovasi perancangannya termasuk pembagian zoning bangunan yang  baik untuk memisah sirkulasi antara fasilitas kesehatan, administrasi dan service. Antara central medical unit dengan IGD harus berdekatan (baik secara vertikal ataupun horizontal) untuk efisiensi kegiatan sesuai dengan fungsi bangunan. Fleksibilitas ruang baik dengan tetap menjaga relevansi fungsi utamanya, sehingga ruang mampu merespon kondisi tertentu, seperti saat wabah pandemi COVID-19 sekarang ini. Dalam perancangan yang paling diutamakan adalah program ruang yang disesuaikan dengan urgensi kegiatanya.

Dalam melakukan perancangannya harus merujuk pada peraturan-peraturan pemerintah di bidang kesehatan agar program ruang dan kegiatan sesuai dengan standar yang berlaku. Tahapan perancangan secara runtut mencakup : (1) Rencana bisnis dan Studi Kelayakan, (2) Penyusunan Master Plan, (3) Design Planning, (4) Pekerjaan Konstruksi. Semoga kuliah tamu ini bisa menambah pengetahuan tentang perancangan mix use, khususnya rumah sakit kepada dosen dan mahasiswa arsitektur.

Official youtube channel Jurusan Aritektur FTSP Universitas Trisakti

https://www.youtube.com/watch?v=opZMRhRjV1E